Tuesday, September 4, 2007

BAU VAGINA

Alat Rahasia Berbau

Tanya. Saya sering mengalami bau yang tidak enak dan menyengat keluar dari alat kelamin saya, padahal bau badan saya tidak menyengat. Saya juga menjaga kebersihan, telah mencoba berbagai produk yang dijual di supermarket seperti cairan pencuci vagina dan vaginal douches. Apa ada obat yang bisa menghilangkan bau vagina saya?

Jawab. Seperti bentuk gangguan lain yang berasal dari ketidakseimbangan tubuh, kalau bau menyengat keluar dari dalam tubuh menunjukkan ada penyakit atau luka. Alat kelamin wanita yang sehat pada dasarnya bebas bau, kecuali bau alamiah cairan “jus” seksual. Bau cairan alamiah itu sering menjadi afrodisiak bagi pasangan. Banyak wanita harus mengatasi ajaran masyarakat ketika masih anak-anak bahwa bau alat kelamin adalah hal yang buruk, bahkan tabu. Padahal faktanya, tubuh semua manusia memang berbau.
Mustinya, Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau klinik kebidanan untuk pemeriksaan. Keluarnya bau tidak enak bisa menjadi pertanda ada yang salah secara medis. Vaginitis yang disebabkan oleh trichomonas vaginalis atau candida, biasanya mengeluarkan bau tidak enak atau amis seperti ikan.
Kalau Anda sehat dan tidak mengalami luka, lecet atau infeksi, boleh jadi kadar pH, asam-basa, Anda tidak seimbang. Diet, stress dan penggunaan parfum atau pelumas yang tidak tepat di dalam vagina bisa mempengaruhi keseimbangan pH alat kelamin. Tidak sedikit perempuan yang jatuh termakan iklan yang mendorong mereka untuk menggunakan cairan pencuci vagina berparfum untuk menutupi aroma alamiah tubuh kita. Penggunaan cairan pencucui berpengharum itu bisa jadi merupakan akar persoalan Anda. Dengan demikian, hindari penggunaan minyak, krim, pelumas apapun yang mengandung zat-zat dasar petroleum. Zat seperti itu bisa merusak jaringan vagina, menimbulkan gangguan dan mengeluarkan residu, termasuk bau menyengat.
Anda juga musti sadar bahwa apapun yang Anda makan, minum, rokok, dan bahkan pikiran, bisa mempengaruhi bau tubuh kita. Kalau Anda makan saus, makanan berbumbu, merokok, minum banyak alkohol, atau menjalani gaya hidup yang penuh stress, kesehatan vagina Anda bisa terganggu. Karena itu, cobalahuntuk sering bersantai, berolahraga dan cermat dengan apa yang kita masukkan ke mulut. db

No comments: