Sunday, July 15, 2012

6 Langkah Dasar Mengakhiri Perselingkuhan

6 Langkah Dasar Mengakhiri Perselingkuhan



Menjalin hubungan itu tak gampang. Mengakhiri perselingkuhan jauh lebih sulit lagi. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Begitu sulitnya, sampai-sampai tak sedikit lelaki yang memilih mendadak menghilang atau lari dari kehidupan selingkuhannya daripada berbicara baik-baik kepada WIL/PIL-nya untuk mengakhiri hubungan mereka. Ada banyak lagi cara yang dilakukan orang untuk menamatkan hubungan mereka yang biasanya tidak cocok bagi diri Anda. Berikut ini beberapa langkah dasar yang bisa Anda ambil untuk membunuh hubungan perserongan.

Putuskan Samasekali. Bila Anda memutuskan untuk mengakhiri sebuah affair, Anda harus tegas dan tuntas dalam keputusan ini. Anda musti berkomitmen untuk benar-benar menamatkannya dan bukan sekadar keputusan sambil lalu.

Ucapkan Selamat Tinggal. Ucapkan selamat tinggal yang terakhir kepada kekasih Anda. Anda bisa melakukan ini dengan berhadapan langsung dengannya atau mengirim surat atau email. Cara yang Anda pakai untuk memberitahu kekasih Anda ini bergantung pada seberapa lama perselingkuhan Anda dan seberapa baik Anda bisa menduga reaksi kekasih Anda nantinya. Memberitahu selingkuhan Anda bahwa Anda menamatkan hubungan dengannya bisa menimbulkan tindakan-tindakan ‘balas dendam’ yang tidak Anda kehendaki. Karena iu, berhati-hatilah pada tindakan dan ucapan Anda.

Putuskan Semua Hubungan. Setelah Anda mengucapkan selamat tinggal, Anda harus memutuskan semua hubungan dengan selingkuhan Anda. Jangan berhubungan lewat apa pun, baik menelpon langsung, SMS, chatting, email atau bahkan titip pesan lewat teman. Mungkin Anda perlu mengganti nomor HP, alamat email, dan blok semua nomor telepon, nomor HP dan alamat email mantan selingkuhan Anda. Walaupun ketika mengucapkan selamat tinggal Anda saling menjamin untuk tetap berteman, tetapi Anda tetap harus mematikan semua hubungan (sampai waktu yang tak terbatas; khususnya sampai setelah Anda sungguh-sungguh bisa saling percaya kembali dengan pasangan). Anda harus melakukan hal ini sebagai komitmen pada keputusan yang sudah Anda ambil.

Ubahlah Jadwal Hidup Anda. Kalau biasanya Anda bertemu selingkuhan saat sarapan di restoran tertentu, maka Anda harus pergi ke restoran lain untuk sarapan. Bahkan, tak pernah lagi datang ke restoran itu saat sarapan. Lebih bagus lagi, sarapanlah di rumah bersama dengan pasangan Anda. Mengubah jadwal dan pola hidup akan mengalihkan pikiran dan perasaan Anda terhadap selingkuhan Anda dan hal-hal yang biasa Anda lakukan berdua.

Beritahu Sahabat-sahabat Anda. Teman-teman dekat Anda adalah kelompok pendukung dan bisa membantu Anda melupakan penyelewengan Anda. Mereka juga bisa mengingatkan Anda pada komitmen Anda untuk mengakhiri perselingkuhan. Mereka juga bisa memberikan ketenangan dan kedamaian yang Anda butuhkan selama proses ini. Teman-teman yang mengetahui penyelewengan Anda pasti dengan suka cita akan mendukung keputusan Anda menamatkannya dan dengan senang mambantu Anda menjalani proses yang berat ini.

Berkonsentrasilah pada Pasangan Anda. Beri perhatian penuh pada pasangan Anda, tetapi jangan sampai mendekati titik muak atau tersedak. Ingat bahwa penyelewengan Anda punya dampak jauh lebih berat pada perasaan, harga diri dan kepercayaan pasangan Anda. Karena itu, saat Anda menghabisi penyelewengan, Anda harus membangun kembali hubungan Anda dengan pasangan. Andalah yang punya kewajiban untuk mengembalikan rasa percayanya. Rasa percaya bukanlah hadiah. Lagi pula, pasangan Anda adalah pendukung utama Anda agar Anda bisa melupakan selingkuhan Anda.

Mengakhiri hubungan apa pun memang terasa berat dan menyakitkan, penuh ketidakpastian dan rasa kehilangan. Akan tetapi, kalau Anda ingin mendapatkan kembali rasa percaya dari pasangan, keluarga dan teman-teman, maka Anda musti sungguh-sungguh, dengan hati teguh menamatkan perselingkuhan Anda. Dalam proses ini, Anda juga harus memelihara kehormatan dan harga diri, agar pada waktunya nanti, setelah semua luka hati sembuh, Anda telah melupakan penyelewengan yang semustinya tidak perlu terjadi sama sekali. DB

Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D – Sexologist, Pschoanalyst, Graphologist, Marriage & Family Therapist.
Untuk konsultasi, hubungi di 087881705466 atau pin 2849C490. :)

6 comments:

ella agnes said...

what about friends with benefits relationship?bagaimana mengakhirinya?meski dr awal adalah sahabat yg sangat baik.

neferiti egypt said...

Ini berat pak

Saya sdh coba dan berkali2 gagal.

Bolak balik putus nyambung. Putus nyambung. Sampe sekarang masih kontak2an dan ketemu walau sudah gak make love lagi.

neferiti egypt said...

Semua bermula 4thn yl. Dari grup bbm smp yg berujung pada kerunsingan ini. Awalnya bbman berujung pd pertemuan dr intensif telpnan. Sehari bisa nembus 4-5 jam.
Awalnya krn ketertarikan fisik lanjut ketertarikan kepala.

Setelah bertemu jadi ketagihan. Mulailah semua berujung pd ketertarikan emosi dan seksual. Dah kayak abg dan kayak kucing kawin. Disegala tempat dll kita memiliki hasrat yg gak karuan.

Mobil parkiran jalanan hotel losmen transit hotel mall ruang ganti kita lakukan.

Dia wanita dgn 4 anak dan saya pria dgn 2 anak.

Dia terlihat gak ada masalah di rumah...tp ya tetep memiliki affair dgn saya. Saya bingung krn saya bisa bebas jemput dia ke kantor, makan bareng. Tidur bareng. Anter ke rumahnya. Anter kemana dia mau dan suaminya percaya. Entah krn suaminya bajingan juga atau krn terlalu percaya?

Sampe tubuhnya pernah saya cupangin sampe sebadan tapi gak ada komen apa2 dr dia ttg suaminya menemukan dan berkomen soal itu.

Wanita/pacar saya itu demen barang bermerk yg saya lihat mungkin gak pernah dibelikan suaminya. Dia minta apa saya kasih kok. Asal dia senang dan kalo dia senang saya diservis semau saya.

Dr sudut keuangan suaminya berkecukupan dan RTnya fine2 aja

Gak tau apakah krn suaminya begitu tololnya atau krn lelakinya impoten. Atau suaminya pernah ketahuan selingkuh juga. Gak bisa dikorek sama sekali. sampe saat ini gak bisa dikorek. Cuman dibilang dia gak ada cacat cela.

Urusan kesenangan dan kemewahan saya beliin apa yg dia mau. Dari suaminya bisa sebenarnya tp dia lebih seneng dr saya. Entah dia boong krn lakinya bokek pelit or krn dia cuman sukanya mototin aja.

Wanita itu mungkin juga hiperseks atau memang cinta saya or krn mau membalas tapu mrk sepertinya baek2 saja.

Sampe saat ini saya mau lepasin dia tp dia juga mau saya pergi tp saya terlanjur jatuh cinta dan dia sdh gak mau saya krn memang saya kontak suaminya ketika si wanita ingkar dr janjinya utk suatu janji yg saya sepakai dgn dia setelah membeli barang tertentu. Kadung dah abis banyak diporotin sekalian dikasih tahu aja suaminya sekarang agar dia kapok. Tp twrnyata gak kapok2.

Analisis bapak dr hal ini apa kira2 yg membuat wanita tsb selingkuh, sholatnya lima waktu, tutur katanya ke org sangat sholehah...tapi mulutnya ke saya spt wanita murahan dgn kata2 kasar... Sering pasang photo dgn jilbab tapi kalo dgn saya jadi wanita liar yg bergairah dan kita lakukan banyak hal gila.

Dia bilang cinta saya setengah mati dan meminta saya ninggalin istri dan anak saya dan dia akan bercerai setelah suaminya mengamuk membaca email saya.

Sekarang saya mau lupain tp inget sakit hati...mau bales dendam tp cinta...dia kacau dan saya kacau

Sekarang wanita itu minta saya pergi krn sakit hati...namun kita masih bertemu walau hanya ngobrol saja dan dia hari masih memancing utk minta dibeliin barang lg

Jadinya setelah 4thn berhubungan tambah gak jelas aja.

Gmn Pak? Ruwet kan?

Baiknya gmn?

kasih karunia said...

Galau..br kali ini ketemu lelaki yg cocok di hati,tapi udah di mikiki orang lain.banyak yg ngomong aq beruntung bs jadi Wil nya.tapi lama2 hati koq sakit.aq gak pengin berbagi,aq menghargai keluarganya tapi aq jg sayang.what should i do?
Ini baru setahun,mau bertahan nym kapan aq gak tau..bahtera-bahtera

DeNa said...

yah..bner2 brat.mnemukan sosok yg diimpikan dalam keadaan yg tdak tepat..awalnya brsedia untuk mnjadi yg kedua ttapi apakah ad jminan perasaan dya atw kita nantinyatdk berubah??????atw mlah dlam waktu yg tdak lma kta jga akn mrasakan skitnya diseingkuhi????
who is know????

DeNa said...

Ya...bnar2 mnyakitkan. mnemukan sosok yg diinginkan dlam kondisi yg tdak memungkinkan untuk bersatu...prasaan sdah trlanjur tumbuh, namun keadaan tidak bisa diubah..perselingkuhan mmg hnya mnjadi perjalanan yg tnpa msa depan...