Sunday, July 15, 2012

6 Langkah Dasar Mengakhiri Perselingkuhan

6 Langkah Dasar Mengakhiri Perselingkuhan



Menjalin hubungan itu tak gampang. Mengakhiri perselingkuhan jauh lebih sulit lagi. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Begitu sulitnya, sampai-sampai tak sedikit lelaki yang memilih mendadak menghilang atau lari dari kehidupan selingkuhannya daripada berbicara baik-baik kepada WIL/PIL-nya untuk mengakhiri hubungan mereka. Ada banyak lagi cara yang dilakukan orang untuk menamatkan hubungan mereka yang biasanya tidak cocok bagi diri Anda. Berikut ini beberapa langkah dasar yang bisa Anda ambil untuk membunuh hubungan perserongan.

Putuskan Samasekali. Bila Anda memutuskan untuk mengakhiri sebuah affair, Anda harus tegas dan tuntas dalam keputusan ini. Anda musti berkomitmen untuk benar-benar menamatkannya dan bukan sekadar keputusan sambil lalu.

Ucapkan Selamat Tinggal. Ucapkan selamat tinggal yang terakhir kepada kekasih Anda. Anda bisa melakukan ini dengan berhadapan langsung dengannya atau mengirim surat atau email. Cara yang Anda pakai untuk memberitahu kekasih Anda ini bergantung pada seberapa lama perselingkuhan Anda dan seberapa baik Anda bisa menduga reaksi kekasih Anda nantinya. Memberitahu selingkuhan Anda bahwa Anda menamatkan hubungan dengannya bisa menimbulkan tindakan-tindakan ‘balas dendam’ yang tidak Anda kehendaki. Karena iu, berhati-hatilah pada tindakan dan ucapan Anda.

Putuskan Semua Hubungan. Setelah Anda mengucapkan selamat tinggal, Anda harus memutuskan semua hubungan dengan selingkuhan Anda. Jangan berhubungan lewat apa pun, baik menelpon langsung, SMS, chatting, email atau bahkan titip pesan lewat teman. Mungkin Anda perlu mengganti nomor HP, alamat email, dan blok semua nomor telepon, nomor HP dan alamat email mantan selingkuhan Anda. Walaupun ketika mengucapkan selamat tinggal Anda saling menjamin untuk tetap berteman, tetapi Anda tetap harus mematikan semua hubungan (sampai waktu yang tak terbatas; khususnya sampai setelah Anda sungguh-sungguh bisa saling percaya kembali dengan pasangan). Anda harus melakukan hal ini sebagai komitmen pada keputusan yang sudah Anda ambil.

Ubahlah Jadwal Hidup Anda. Kalau biasanya Anda bertemu selingkuhan saat sarapan di restoran tertentu, maka Anda harus pergi ke restoran lain untuk sarapan. Bahkan, tak pernah lagi datang ke restoran itu saat sarapan. Lebih bagus lagi, sarapanlah di rumah bersama dengan pasangan Anda. Mengubah jadwal dan pola hidup akan mengalihkan pikiran dan perasaan Anda terhadap selingkuhan Anda dan hal-hal yang biasa Anda lakukan berdua.

Beritahu Sahabat-sahabat Anda. Teman-teman dekat Anda adalah kelompok pendukung dan bisa membantu Anda melupakan penyelewengan Anda. Mereka juga bisa mengingatkan Anda pada komitmen Anda untuk mengakhiri perselingkuhan. Mereka juga bisa memberikan ketenangan dan kedamaian yang Anda butuhkan selama proses ini. Teman-teman yang mengetahui penyelewengan Anda pasti dengan suka cita akan mendukung keputusan Anda menamatkannya dan dengan senang mambantu Anda menjalani proses yang berat ini.

Berkonsentrasilah pada Pasangan Anda. Beri perhatian penuh pada pasangan Anda, tetapi jangan sampai mendekati titik muak atau tersedak. Ingat bahwa penyelewengan Anda punya dampak jauh lebih berat pada perasaan, harga diri dan kepercayaan pasangan Anda. Karena itu, saat Anda menghabisi penyelewengan, Anda harus membangun kembali hubungan Anda dengan pasangan. Andalah yang punya kewajiban untuk mengembalikan rasa percayanya. Rasa percaya bukanlah hadiah. Lagi pula, pasangan Anda adalah pendukung utama Anda agar Anda bisa melupakan selingkuhan Anda.

Mengakhiri hubungan apa pun memang terasa berat dan menyakitkan, penuh ketidakpastian dan rasa kehilangan. Akan tetapi, kalau Anda ingin mendapatkan kembali rasa percaya dari pasangan, keluarga dan teman-teman, maka Anda musti sungguh-sungguh, dengan hati teguh menamatkan perselingkuhan Anda. Dalam proses ini, Anda juga harus memelihara kehormatan dan harga diri, agar pada waktunya nanti, setelah semua luka hati sembuh, Anda telah melupakan penyelewengan yang semustinya tidak perlu terjadi sama sekali. DB

Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D – Sexologist, Pschoanalyst, Graphologist, Marriage & Family Therapist.
Untuk konsultasi, hubungi di 087881705466 atau pin 2849C490. :)

41 comments:

Unknown said...

what about friends with benefits relationship?bagaimana mengakhirinya?meski dr awal adalah sahabat yg sangat baik.

Unknown said...

Ini berat pak

Saya sdh coba dan berkali2 gagal.

Bolak balik putus nyambung. Putus nyambung. Sampe sekarang masih kontak2an dan ketemu walau sudah gak make love lagi.

Unknown said...

Semua bermula 4thn yl. Dari grup bbm smp yg berujung pada kerunsingan ini. Awalnya bbman berujung pd pertemuan dr intensif telpnan. Sehari bisa nembus 4-5 jam.
Awalnya krn ketertarikan fisik lanjut ketertarikan kepala.

Setelah bertemu jadi ketagihan. Mulailah semua berujung pd ketertarikan emosi dan seksual. Dah kayak abg dan kayak kucing kawin. Disegala tempat dll kita memiliki hasrat yg gak karuan.

Mobil parkiran jalanan hotel losmen transit hotel mall ruang ganti kita lakukan.

Dia wanita dgn 4 anak dan saya pria dgn 2 anak.

Dia terlihat gak ada masalah di rumah...tp ya tetep memiliki affair dgn saya. Saya bingung krn saya bisa bebas jemput dia ke kantor, makan bareng. Tidur bareng. Anter ke rumahnya. Anter kemana dia mau dan suaminya percaya. Entah krn suaminya bajingan juga atau krn terlalu percaya?

Sampe tubuhnya pernah saya cupangin sampe sebadan tapi gak ada komen apa2 dr dia ttg suaminya menemukan dan berkomen soal itu.

Wanita/pacar saya itu demen barang bermerk yg saya lihat mungkin gak pernah dibelikan suaminya. Dia minta apa saya kasih kok. Asal dia senang dan kalo dia senang saya diservis semau saya.

Dr sudut keuangan suaminya berkecukupan dan RTnya fine2 aja

Gak tau apakah krn suaminya begitu tololnya atau krn lelakinya impoten. Atau suaminya pernah ketahuan selingkuh juga. Gak bisa dikorek sama sekali. sampe saat ini gak bisa dikorek. Cuman dibilang dia gak ada cacat cela.

Urusan kesenangan dan kemewahan saya beliin apa yg dia mau. Dari suaminya bisa sebenarnya tp dia lebih seneng dr saya. Entah dia boong krn lakinya bokek pelit or krn dia cuman sukanya mototin aja.

Wanita itu mungkin juga hiperseks atau memang cinta saya or krn mau membalas tapu mrk sepertinya baek2 saja.

Sampe saat ini saya mau lepasin dia tp dia juga mau saya pergi tp saya terlanjur jatuh cinta dan dia sdh gak mau saya krn memang saya kontak suaminya ketika si wanita ingkar dr janjinya utk suatu janji yg saya sepakai dgn dia setelah membeli barang tertentu. Kadung dah abis banyak diporotin sekalian dikasih tahu aja suaminya sekarang agar dia kapok. Tp twrnyata gak kapok2.

Analisis bapak dr hal ini apa kira2 yg membuat wanita tsb selingkuh, sholatnya lima waktu, tutur katanya ke org sangat sholehah...tapi mulutnya ke saya spt wanita murahan dgn kata2 kasar... Sering pasang photo dgn jilbab tapi kalo dgn saya jadi wanita liar yg bergairah dan kita lakukan banyak hal gila.

Dia bilang cinta saya setengah mati dan meminta saya ninggalin istri dan anak saya dan dia akan bercerai setelah suaminya mengamuk membaca email saya.

Sekarang saya mau lupain tp inget sakit hati...mau bales dendam tp cinta...dia kacau dan saya kacau

Sekarang wanita itu minta saya pergi krn sakit hati...namun kita masih bertemu walau hanya ngobrol saja dan dia hari masih memancing utk minta dibeliin barang lg

Jadinya setelah 4thn berhubungan tambah gak jelas aja.

Gmn Pak? Ruwet kan?

Baiknya gmn?

Anonymous said...

Galau..br kali ini ketemu lelaki yg cocok di hati,tapi udah di mikiki orang lain.banyak yg ngomong aq beruntung bs jadi Wil nya.tapi lama2 hati koq sakit.aq gak pengin berbagi,aq menghargai keluarganya tapi aq jg sayang.what should i do?
Ini baru setahun,mau bertahan nym kapan aq gak tau..bahtera-bahtera

DeNa said...

yah..bner2 brat.mnemukan sosok yg diimpikan dalam keadaan yg tdak tepat..awalnya brsedia untuk mnjadi yg kedua ttapi apakah ad jminan perasaan dya atw kita nantinyatdk berubah??????atw mlah dlam waktu yg tdak lma kta jga akn mrasakan skitnya diseingkuhi????
who is know????

DeNa said...

Ya...bnar2 mnyakitkan. mnemukan sosok yg diinginkan dlam kondisi yg tdak memungkinkan untuk bersatu...prasaan sdah trlanjur tumbuh, namun keadaan tidak bisa diubah..perselingkuhan mmg hnya mnjadi perjalanan yg tnpa msa depan...

Unknown said...

what will we do to next live ???
hrsnya dunia milik kita berdua, harusnya kaui pilih aq, aq lebih mengertimu, aq lebih tau problem mu, aq bisa jadi partner kerjamu, bisa jd ibu yang baik untuk anakmu, dibandingkan denganya yang hanya tau memasa, membuat kopi, mengantar sekolah, dan menemani tidurmu, dan hnya memahami saat kau jatuh, ataupun saat kau sakit. tapi tidak memberimu solusi.
im more better better better than your wife.
nyesel aja deh loe, kedepanya.

Djani said...

Waaww awesome, Masih pak sampe sekarang?? Baru baca ada cerita kaya gini��

Unamed said...

Mungkin diatas kertas terlihat mudah, tapi prakteknya kenapa terasa sulit.
Benar kata bapak, sulitnya untuk mengatakan "putus" padahal hati ingin mengakhiri.. tapi dimulut kata2nya itu sulit sekali keluar.. ada perasaan tidak ingin menyakiti hatinya.

Dan sulit meyakinkan affair kita untuk menyetujui alasan untuk putus, tidak semudah menjelaskannya lalu semua langsung berakhir.

ternyata pertanyaan yang terlibat affair itu sama,,, "please help me.. what should i do to ended this affair.."


Delphi said...

Pengen lari, balik ke 5 bulan yg lalu. Skrg terjebak. Saling cinta, saling iseng. Gak ada ujungnya. Jd repot.

Ra2hali said...

Harus punya tekad yg kuat untuk mngahirinya,karna semua itu terasa sangat mnyakitkan :(
Aku mncoba mngahiri perselingkuhanku berkali kali gagal semoga kali ini berhasil mohon doanya

Ra2hali said...

Harus punya tekad yg kuat untuk mngahirinya,karna semua itu terasa sangat mnyakitkan :(
Aku mncoba mngahiri perselingkuhanku berkali kali gagal semoga kali ini berhasil mohon doanya

ay yu said...

kalo emang jodoh pasti satu saat d satukan dg cara yg lbh baek.....kasian anak istrimu...aq akn mundur teratur...

Unknown said...

Aku tak sanggup rasanya menjalani perslgkuhan ini tapi berat jua rasa hati untuk meninggalkan nya.dan aku tak kan munggkin meninggalkan anak istri ku ,yg selalu setia menantikan ku d rumah.apakah istri ku mau
berbagi.heemmmm...entah lah...tuhan....tolong hamba mu..yg hina ini....

Unknown said...

Aq menjalin hbngn terlrng ini selama 2 bln dan kami sdh melakukan hub.suami istri.aku pria sdh berkeluarga dan dia jg sdh bersuami...dia sdh meyakinkanq bahwa mau hidup bersama nantinya dan aq pun yakin karena kami saling mencintai,kami sdh saling berjanji akan hidup bersama nantinya..dan pd akhirnya dia sms aq menyatakan ingin kmbali menjalin hub baik dngn suaminya itu dan memutuskan hub kami...berat rasanya memutuskan hub ini karena mengingat kami sdh berjanji dan bersumpah tuk saling mencintai selamanya...apakah dia cuma menjadikanku tempat pelarian disaat dia gak bahagia aja dngn suaminya...tapi jujur aku sangat mencintainya...ya tuhan mengapa semua ini terjadi padaku,berilah ketabahan dalam menjalani semua ini...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Saya wanita single 25th sangat mencintai senior saya dikantor yg sudah beristri..2 tahun kami jalani dengan penuh cinta dan dilema..saya minta udahan krn ternyata hati saya ga mampu berbahagia dengan menyakiti hati wanita yg sudah menjadi istrinya..kami sudah mulai mencoba 3 bulan ini untuk mengakhiri..dan ternyata menyakitkan sekali rasanya sampai saya blum bisa menerima laki2 lain yg datang dalam kehidupan saya..masih trauma, ya trauma dengan kehilafan yg saya buat sendiri..saya sadar saya bner2 udah nyaman dan sayang sekali sama dia..mungkin lebih mudah untuk laki2..dia bisa kembali ke pasangannya memperbaiki dan melupakan semua..semoga laki2 yang saya cintai bisa selalu bahagia bersama istrinya sampai maut memisahkan..hanya itu yg bisa saya lakukan..krn saya hanya yakin dan percaya hubungan yg dimulai dengan kesalahan tidak akan pernah menjadi berkat..semoga hati saya dikuatkan dari hari ke hari dan memiliki hati yang baru untuk menyambut laki2 yang tepat untuk saya..

Unknown said...

Rasanya koq berat... Saya merasa nyaman dengan dia,
Rekan sekantor...awalnya saya hanya berusaha bantu dia yg katanya tidak pernah diperhatikan istri...makin lama hubungan kami makin erat...berkali2 coba mengakhiri...tapi rasa sayang tu justru makin tumbuh...
Saya tidak pengen lepas dia..
Kedua anaknya sudah remaja...
Tapi tetep saja..saya berharap bisa menikah dengannya.
Mas Thomas...saya berharap, kamu bisa putuskan..hal yg bisa membuatmu bahagia..bukan pura2 bahagia

Unknown said...

Rasanya koq berat... Saya merasa nyaman dengan dia,
Rekan sekantor...awalnya saya hanya berusaha bantu dia yg katanya tidak pernah diperhatikan istri...makin lama hubungan kami makin erat...berkali2 coba mengakhiri...tapi rasa sayang tu justru makin tumbuh...
Saya tidak pengen lepas dia..
Kedua anaknya sudah remaja...
Tapi tetep saja..saya berharap bisa menikah dengannya.
Mas Thomas...saya berharap, kamu bisa putuskan..hal yg bisa membuatmu bahagia..bukan pura2 bahagia

karina said...

Knapa ya perselingkuhan itu terasa sangat manis dan sangat sulit diakhiri..sepertinya semua problem disini begitu..sayapun sama..sudah satu tahun ini menjalani perselingkuhan dengan teman sekantor saya..kami berjanji untuk mengakhiri hubungan ini jika ia tidak diangkat menjadi pegawai dan pindah ke kampung halamannya
.dan kemarin ia tiba2 bilang bahwa saya akan lbh baik bersama suami saya..saya tdk menghiraukan kata2nya dan diapun terlihat biasa..sampai besoknya ia tidak bisa dihubungi sama sekali dan tidak mau berkomunikasi dengan saya..saya hancur..saya sangat mencintainya..tp sy juga tdk bisa meninggalkan suami saya..dan saya yakin ia meninggalkan sy krna ia tahu ia tdk punya masa depan lagi di kantor kami..saya sangat mencintainya..ia pun demikian..jauh dalam lubuk hati yg terdalam saya diam diam punya cita cita untuk hidup bersamanya..

gus ton said...

Ingin memutuskan selingkuhan dg doa2 warisan leluhur:08156766 2467

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Tidak semudah yg di tuliskan.telah berulang kali di coba nyatanya hati masih berkata lain

Unknown said...

Idem

gus ton said...

Jasa pengasihan+traeangan atasi segala problem ssmara: 0815 67662467

Unknown said...

Saya ibu dr 3 anak, saya berselingkuh dgn pria umurnya lebih muda 10 thn dr saya dan dia msh perjaka. Saya berselingkuh dgn dia udah hampir satu taun dan hubungan kita sdh sgt jauh...sy berselingkuh karena suami juga hampir berselingkuh dan suami sifatnya egois terhadap saya..selingkuhan saya sangat mencintai saya dan tidak mau berpisah dgn saya dan selalu minta agar saya cerai dgn suami saya..keluarga selingkuhan juga sgt mendukung apabila sy cerai dan berpisah dgn suami resmi saya...di sisi lain sy masih berat karena ada anak 2 yg msh tergantung dgn orang tuanya. Di sisi lain nya juga saya sgt mrncintai selingkuhan saya, dia sgt mengerti saya sangat memahami saya. Yah Allah saya sgt bingung apa yg harus sy lakukan..mohon pencerahan nya.

Unknown said...

Saya ibu dr 3 anak, saya berselingkuh dgn pria umurnya lebih muda 10 thn dr saya dan dia msh perjaka. Saya berselingkuh dgn dia udah hampir satu taun dan hubungan kita sdh sgt jauh...sy berselingkuh karena suami juga hampir berselingkuh dan suami sifatnya egois terhadap saya..selingkuhan saya sangat mencintai saya dan tidak mau berpisah dgn saya dan selalu minta agar saya cerai dgn suami saya..keluarga selingkuhan juga sgt mendukung apabila sy cerai dan berpisah dgn suami resmi saya...di sisi lain sy masih berat karena ada anak 2 yg msh tergantung dgn orang tuanya. Di sisi lain nya juga saya sgt mrncintai selingkuhan saya, dia sgt mengerti saya sangat memahami saya. Yah Allah saya sgt bingung apa yg harus sy lakukan..mohon pencerahan nya.

Unknown said...

ma af ya saya kasih tau. bagi yang belum pernah mengalami. memang enak ngomong nya. coba anda alami baru anda akan tau rasa nya gimna susah nya.

Unknown said...

amin.

Unknown said...

Berat cuy mangakhiri selingkuhan,, jngn coba2 selingkuh,, tp gmn lagi,yg lagi baca artikel ini pasti lagi kebingungan cara buat mengngakhiri perselingkuhan,,

Unknown said...

Yg sudah baca artikel ini pasti lagi kebingungan cara mengakhiri perselingkuhan,, sy jg lg galau,, bagaimana caranya,, padahal sama2 sudah punya padangan sah,, ya ALLAH tolong hambamu yg hina dina ini,,

Unknown said...

Bener banget tak ada pekerjaan yg lebih berat selain mengakhiri oerselingkuhan, sy baru 3 hari ga komunikasi rasanya spt orang gila

Unknown said...

Qt sama say... Aq jg bingung hrs gmna

Unknown said...

kita sama,😢

Unknown said...

sulit sekali ,
baru 3 hari jg ga kontakan,rasanya seperti orang ga waras😭😭

Unknown said...

aku seorang istri, ibu dr 1 anak,
aku menjalin hub denganya setahun,aku ingin mengakhiri semuanya ,uda ga khitung jumlah putus nyambungnya,dan mudah2an ini putus yang terakhir,dengan tidak kontakan selama 3 harian ini,lumayan membuat ku gila,aku terus saja memikirkanya ,��

Unknown said...

Emang benr2 kalo udah terlanjur swlingkuh dan memakai hati itu berat..sulit memang... hiksss

Unknown said...

Saya juga sulit melupakan dia..ingin brpisah pun sulit..cuma putus nyambung..kita bnr2 sulit pisah... kita sm2 mwncintai.. dan pelajaran yg bisa di ambil memang.jika sudah mempunyai pasangan sah..jangan sekali2 selingkuh karena akan sulit jeluar dr rasa cinta dengan selingkuhan

Unknown said...

betul sekali

bung Aghe said...
This comment has been removed by the author.
bung Aghe said...

Zinah adalah hutang...yg kelak harus dibayar oleh anak sendiri kelak dgn perzinahan juga...taubatlah dari nafsu hewani seperti itu...hormati diri kalian sendiri dan aktifkan ruhanimu dgn ibadah, dekati Tuhanmu...jgn sampe merugi dan menyesal kelak...banyak org beralasan bahwa perselingkuhan itu susah ditinggalkan, persis seperti candu...ini tdk sepenuhnya salah karena demikianlah jeratan nafsu...jalan terbaik untuk memukul nafsu adalah mengingat kematian...karena siapa saja bakal mati tanpa diketahui kapan...janganlah kalian mati pada saat me-nuhan-kan hawa nafsu yg keji itu...cara kedua adalah dgn membayangkan bagaimana jika anak anda yg dizinahi orang apakah anda rela? Tentu tidak...untuk itu kembalilah kpd diri anda yg sejati, hiduplah dengan martabat dan keridoan-Nya.